Dearborn, www.suarapos.blogspot.com
- Ford siap menyaingi Toyota Prius V di
segmen hybrid di pasar Amerika dengan mengandalkan C-Max yang akan diluncurkan
musim gugur tahun ini. Salah satu raksasa mobil Amerika itu berani menantang
lantaran produk mereka unggul dalam efisiensi bahan bakar dan harganya lebih
murah.
Memang, seberapa iritnya Ford C-Max hibrida itu? Pihak Ford
mengklaim di dalam kota C-Max menghabiskan bahan bakar 19,98 km/liter (kpl),
lebih irit 2,38 liter dari pesaingnya. Bahkan harganya, Ford menyebutkan produk
mereka lebih murah 1.300 dollar Amerika atau Rp 12 juta lebih.
Paling canggih
Dalam pasar mobil hibrida dari beragam model, segmen mobil
kecil seperti C-Max dan Prius menguasai 65 persen dari total penjualan per
tahun. Nah, Ford berharap kendaraan andalannya yang penelitiannya menghabiskan
waktu empat setengah tahun itu, bisa merebut separuh lebih.
"C-Max hybrid dibangun dengan inovasi hibrida dan hemat
bahan bakar oleh Ford untuk menjegal Prius, menghabiskan waktu 20 tahun. Sebuah
peluang besar bagi kita untuk menggoyang pasar hibrida," komentar Raj
Nair, Wakil Presiden Pengembangan Produk Global Ford. Dari proses persiapan
sampai penelitian yang lama itu, lanjutnya, C-Max mengungguli pesaing dalam
banyak hal.
Dari hal efisiensi bahan bakar, C-Max menghasilkan 19.98 kpl
di dalam kota, sedang Prius 18,71 kpl. untuk di luar kota Ford mencatat 18,71
kpl, sementara kompetitornya 17,01 kpl.
Tak cuma itu. C-Max yang dibekali mesin 2,0 liter Atkinson
empat silinder menghasilkan tenaga maksimum 188 PS (Prius V 134 PS). Ford
mengklaim jantung pacu mereka paling canggih di kategori non-turbo empat
silinder. Dan mobil bisa menempuh jarak terjauh sekitar 780 km.
Bagaimana dari segi tampilan? C-Max menawarkan ruang untuk
lima orang dengan kapasitas bagasi cukup luas. Mobil memiliki roofline yang
tinggi (63,9 inci) sehingga membuat ruang interior cukup luas dan fleksibel.
Trus, ruang kaki penumpang juga masih lebih luas ketimbang Prius V.
C-Max ini bagian dari strategi Ford untuk memberi pilihan
yang mantap kepada pelanggan dengan memiliki berbagai kelebihan dan keunggulan.
Sumber: Kompas
<


Tidak ada komentar:
Posting Komentar